Teknologi

Bisnis Berbasis Rumah – 12 Tips Ergonomis Untuk Workstation Komputer Anda

Saat bekerja dari kantor rumah Anda, Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk tidak bersantai sebanyak jika Anda berada di kantor tradisional. Anda mungkin mendapati diri Anda bekerja berjam-jam sebelum bangkit dari kursi Anda, karena gangguan biasanya kurang mengalihkan perhatian Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri sendiri – dan mempersiapkan diri dengan ergonomi dasar untuk mencegah atau setidaknya mengurangi stres fisik yang disebabkan oleh pekerjaan komputer.

Berikut adalah 12 tips untuk menyiapkan workstation komputer yang ergonomis:

1. Gunakan kursi yang bagus dengan kursi belakang yang dinamis dan tempat duduk. Duduk dan gunakan alih-alih bersandar

2. Tempatkan bagian atas casing monitor 2-3 “(5-8 cm) di atas ketinggian mata

3. Gunakan layar non-silau, dan filter anti-silau kaca optik jika diperlukan

4. Duduk sejauh lengan dari monitor

5. Letakkan kaki Anda di lantai atau sol yang stabil

6. Gunakan tempat dokumen, lebih cocok untuk layar komputer

7. Pastikan pergelangan tangan rata dan lurus dengan lengan bawah untuk menggunakan keyboard / mouse / perangkat input

8. Lengan dan siku Anda harus rileks dan dekat dengan tubuh

9. Pusatkan monitor dan keyboard di depan Anda sehingga Anda tidak berbalik untuk menggunakannya

10. Gunakan baki keyboard miring negatif dengan platform mouse ke atas atau platform miring ke bawah di samping keyboard untuk sudut pergelangan tangan terbaik

11. Gunakan permukaan kerja yang stabil dan baki keyboard yang stabil (tidak ada pantulan)

12. Interval istirahat pendek (microbreak)

Postur pengetikan yang tepat: Dukungan keyboard kemiringan negatif

Dalam postur mengetik yang ideal, beban otot statis dan dinamis berkurang. Postur ini dicapai ketika keyboard berada di bawah ketinggian siku duduk dan bagian bawah keyboard dilepaskan secara perlahan dari pengguna sehingga bagian atas tuts dapat diakses dengan tangan dengan postur netral. Dalam posisi ini, lengan, bahu, leher, dan bokong dapat merilekskan tubuh, terutama saat istirahat sejenak. Juga, dalam posisi duduk yang sedikit miring ini, punggung bawah bertumpu pada penyangga lumbal kursi, sudut siku dibuka untuk melancarkan sirkulasi ke lengan dan tangan, sudut perut, dan sudut poplitea (di belakang lutut) dibuka. untuk memperlancar peredaran darah. Kaki bertumpu kuat di lantai.

Masalah postur:

Keyboard desktop – Mengetik pada keyboard desktop adalah postur kerja yang umum dilakukan oleh banyak pengguna komputer. Dalam posisi ini sulit untuk menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral, karena lengan bawah melorot saat bergetar dan ini membuat pergelangan tangan lebih memanjang dari pergelangan tangan. Selain itu, sebagian besar pengguna harus bekerja dengan siku ditekuk, yang dapat menekan saraf median dan ulnaris di siku dan membatasi aliran darah ke tangan. Bekerja dengan lengan yang meningkat meningkatkan beban otot pada lengan atas, bahu, dan leher. Bekerja dalam posisi ini selama lebih dari 3-4 jam selalu menyebabkan kelelahan otot.

Baki keyboard konvensional – Mengetik keyboard pada baki keyboard artikulasi konvensional dapat memperbaiki masalah postur bagi pengguna. Bekerja dengan keyboard dengan sudut yang lebih curam pada baki adalah postur kerja yang umum dilakukan oleh banyak pengguna komputer. Dalam posisi ini juga sulit untuk menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral, karena lengan bawah melorot saat lelah dan ini membuat pergelangan tangan lebih memanjang. Studi telah gagal menunjukkan bahwa baki keyboard konvensional memperbaiki postur pergelangan tangan.

Tentu saja ada faktor ergonomis lainnya seperti pencahayaan yang tepat, ventilasi, penggunaan mouse, ketinggian dan gaya furnitur, serta peralatan telepon. Pastikan Anda meneliti apa yang paling cocok untuk situasi dan anggaran spesifik Anda. Rawat tubuh Anda sekarang dan itu akan menjaga Anda di masa depan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close